Analisis Hardware Komputermu dengan HWiNFO

Bimapedia.com - Analisis hardware bagi mereka yang bergelut di dunia teknisi komputer dan laptop mungkin adalah hal biasa, mereka bisa saja menganalisis tipe dan jenis komponen tanpa harus menghidupkan komputer semisal dengan cara melihat simbol atau kode tertentu yang melekat pada bagian muka komponen tersebut.

Bila bertanya apa pentingnya mengetahui berbagai spesifikasi komponen dalam komputer? Tentunya banyak hal yang membuat itu penting, bila kamu ingin mencari update driver dari komponen komputer kamu, kamu dapat mudah mencarinya dengan memasukan merek dan tipe komputer yang kamu dapat dari hasil analisis kedalam mesin pencari atau di situs resmi merek komponen yang kamu pakai.

Kalau kamu membeli komputer atau laptop pasti terpampang spesifikasi beserta info harga dari kedua produk itu sendiri, dan untuk memastikan bahwa spesifikasi yang ditawarkan sesuai dengan spesifikasi komputer atau laptop yang akan kamu beli, ada baiknya kamu periksa benar atau tidaknya spesifikasi yang ditawarkan.

Salah satu aplikasi untuk mengatasi permasalahan tersebut ialah HWiNFO, aplikasi yang berguna untuk menganalisis secara rinci atau sebanyak mungkin informasi mengenai komponen hardware dalam komputermu.



HWiNFO dapat memonitoring kesehatan komputer kamu seperti thermal, tegangan, putaran kipas, dan power, serta menyajikan laporan dalam format Text, CSV, XML, HTML dan MHTML.

Untuk menambah kesempurnaan, HWiNFO juga menyediakan ekstensi pihak ketiga yang dapat kamu download secara gratis, ekstensi yang dimaksud antara lain:

RivaTunerDisplay any HWiNFO32/64 sensor values in DirectX applications/games using RivaTuner or MSI Afterburner or EVGA Precision Statistics Server (RTSS OSD)Check Add-ons
An advanced fully customizable Sidebar Gadget including graphs, bars and SideShow support.
Check Add-ons
Display any HWiNFO32/64 values in Rainmeter.
Check Add-ons
SamurizeGet all HWiNFO32/64 sensor values in Samurize (system monitoring and desktop enhancement engine) using a Samurize plug-inCheck Add-ons
LCDHostEnhance Logitech Gaming LCD keyboard (G-series) experience with HWiNFO32/64.Check Add-ons
Mini WebServerWatch HWiNFO32/64 sensor status from remote machines or phones.In development

HWiNFO tersedia untuk sistem operasi Windows baik 32 bit maupun 62 bit bahkan untuk sistem operasi lawas berbasis teks yaitu DOS, berikut sedikit perbandingan antara HWiNFO32 dan HWiNFO64:

Feature differencesHWiNFO32HWiNFO64
32-bit Operating system support
(9x/2000/XP/Vista/Server 2003/2008/Windows 7/8)

Yes

No
64-bit Operating system support (x64)
(XP 64-bit/Vista/Server 2003/2008/Windows 7/8)

Yes

Yes
Native 64-bit application (x64)
(the entire package is a full 64-bit/x64 application)

No

Yes
Support of >512 total logical processors and
>32 processors per group

No

Yes
Simple benchmarks
Yes

No

OS Support : DOS/Windows 2000/XP/Vista/7/8
Ukuran File : 2 MB

Kategori: , , ,

TERIMAKASIH SUDAH KLIK LIKE / SUKA